Tema 8

surah aL KAUSAR

Belajar Surah AL KAUSAR

1. Tujuan Pembelajaran:

  • Peserta didik dapat membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. Al Kausar.

  • Peserta didik dapat menghafal kalimat-kalimat dalam Q.S. Al Kausar.

  • Peserta didik dapat menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al Kausar.

  • Peserta didik dapat memahami pesan yang terkandung dalam Q.S. Al Kausar.

2. Materi Pembelajaran:

A. MEMBACA KALIMAT SURAH AL KAUSAR

Ayo, bacalah Surat An-Nasr berikut ini dengan sungguh-sungguh dan simak baik-baik videonya !

B. MENGHAFAL KALIMAT SURAH AL KAUSAR

C. MENULIS KALIMAT SURAH AL KAUSAR

D. PESAN SURAH AL KAUSAR

ASBABUL NUZUL SURAH AN NASR

Terdapat perbedaan pendapat ulama dalam menentukan tempat turunnya surat Al Kautsar.


Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu terkait asbabul nuzul Surat Al Kautsar.


Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, “Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?”

Maka Rasulullah menjawab, “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat.” Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar.


“Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?”


Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:


هُوَ نَهْرٌ أَعْطَانِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ فِى الْجَنَّةِ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ يَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ الْكَوَاكِبِ يُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُم فَأَقُولُ يَا رَبِّ إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِى. فَيُقَالُ لِى إِنَّكَ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ


Artinya : Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku.” Maka dikatakan, “Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu.” (HR. Ahmad; shahih)


Dari hadits tersebut ulama berpendapat bahwa Surat Al Kautsar turun di Madinah, karena Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu baru masuk Islam ketika Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.


Sedangkan pada hadits berikut ini terjadi di kota Makkah. Sebab turunnya Surat Al Kautsar dalam buku "Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Qur’an" halaman 616, karya Imam As-Sayuthi, dituliskan hadits yang berasal dari Ibnu Katsir (6/395), Al-Quthubi (10/7679), Ibnu Jarir (30/212)


“Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari As-Suddi, ia mengatakan; Dahulu orang-orang Quraisy ketika ada anak laki-laki seseorang meninggal dunia, maka mereka mengatakan, “Telah terputus keturunan si Fulan.” Maka ketika putra Nabi salallahu ‘alaihi wasalam meninggal dunia, maka Al-Ash bin Wa’il berkata, “Telah terputus keturunan Muhammad.” Maka turunlah ayat tersebut.”


Surat Al Kautsar turun sebagai penenang hati Nabi Muhammad salallahu ‘aili wasalam yang tengah bersedih ditinggal oleh putranya.